Wednesday, June 17, 2015

9 tips aman untuk pengguna kartu kredit

Baru-baru ini, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap modus baru penipuan kartu kredit. Para penjahat menipu korbannya dengan menawarkan "upgrade" batas transaksi kartu kreditnya secara gratis.
tips aman menggunakan kartu kredit
tips aman menggunakan kartu kredit (foto: confirmeonline.com)

Selanjutnya, sang pelaku kemudian meminta kartu kredit korban beserta KTP, lalu dari sana sang pelaku menguras kartu kredit korbannya. Satu hal yang mengejutkan adalah sang pelaku mengakui bahwa ia mendapatkan data pemilik kartu kredit secara langsung dari staf pemasaran kartu kredit. Kebocoran informasi tersebut tentunya sangat berbahaya, karena jika dihubungi oleh pihak yang mengaku dari penyedia kartu kredit, nasabah tak akan dapat membedakan mana telepon yang benar-benar dari penyedia kartu kredit dan mana yang merupakan modus penipuan ( Metrotvnews.com)

Tips Aman menggunakan kartu kredit
Agar akun kartu kredit Anda selalu aman, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:
  1. Jangan sekali-kali memberikan nomor kartu kredit kepada orang lain lewat telepon, kecuali jika Anda yang menelepon. Pastikan juga nomor telepon yang Anda hubungi adalah benar sebelum memberikan nomor kartu kredit.
  2. Jika ingin membuka akun kartu kredit baru, pilih kartu kredit yang menyediakan fitur keamanan  ekstra, seperti photo ID.
  3. Jangan pernah menulis PIN atau nomor kartu kredit Anda di luar amplop yang diberikan oleh penyedia kartu kredit. Simpan baik-baik amplop tersebut.
  4. Jangan pernah menandatangani slip kosong kecuali benar-benar dibutuhkan. Hal tersebut akan menghindarkan Anda dari pengurasan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  5. Simpan nota pembayaran setiap kali melakukan transaksi. Cek nota pembayaran tersebut dengan jumlah pembayaran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jika angkanya tidak cocok, segera laporkan ke pihak penyedia kartu kredit. ( Baca juga : Trik cerdas membayar kartu kredit )
  6. Buat daftar nomor kartu kredit yang Anda miliki beserta tanggal kedaluarsanya. Simpan di tempat yang aman agar Anda dapat memakainya untuk melapor ketika kartu kredit Anda hilang atau dicuri.
  7. Bawa kartu kredit secukupnya, terutama ketika bepergian. Dua kartu kredit sudah terbilang cukup untuk menemani Anda bepergian.
  8. Jangan sekali-kali meminjamkan kartu kredit Anda ke orang lain, apalagi dalam jangka waktu yang lama.
  9. Selalu simpan kartu kredit Anda beserta bukti transaksinya di tempat yang aman. Jangan sekali-kali meletakkannya sembarangan, seperti di atas meja, dan lain-lain.
9 tips aman untuk pengguna kartu kredit
4/ 5
By

1 comment

  1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    ReplyDelete