Cari Tahu Pengajuan KTA di tolak


Pengajuan KTA sering ditolak merupakan suatu kewajaran terutama kredit tanpa agunan di bank-bank ternama seperti BCA, Mandiri,BNI, BRI atau Syariah. Ya Namanya juga KTA ( Kredit tanpa agunan ), pihak bank tidak akan segampang itu memberikan kredit bila secara bankable anda tidak terpenuhi. Jangankan kredit tanpa agunan, kredit dengan ada agunanpun kadang bank menolak untuk memberikan pinjaman jika syarat bankable anda tidak memenuhi. Bankable merupakan persyaratan dari bank yang wajib dipenuhi dalam meminjam kredit ke bank.

Layak tidak nya bank memberikan KTA
Ada beberapa aspek yang perlu kita ketahui yang merupakan syarat mutlak jika anda ingin meminjam uang ke bank. Syaratnya tentu lebih rumit bila dibandingkan dengan anda kredit motor. Berikut ini kelayakan usaha jika anda ingin mengajukan KTA ke bank, antara lain :
Suatu usaha dikatakan LAYAK dapat dianalisa dari faktor/aspek sebagai berikut:
  1. Secara Hukum tidak bertentangan dengan peraturan dan norma yang berlaku.
  2. Secara Teknis bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.
  3. Pasar, dapat dijual dan memiliki konsumen yang jelas (ada permintaan pasar )
  4. Sosial ekonomi, memberi manfaat terhadap masyarakat.
  5. Finansial, menghasilkan arus kas positif yang dapat menutup semua kewajiban dan memberikan keuntungan.
  6. Manajemen, dapat dikelola dengan baik.
Untuk memberikan jaminan penuh atau dengan kata lain meyakinkan bank memberikan KTA kepada anda, ya itu tadi haruslah usaha anda bankable. Secara umum Suatu Usaha dikatakan Bankable, apabila usaha tersebut dapat memenuhi kriteria yang diminta oleh bank. Atau usaha tersebut memenuhi persyaratan bank setelah melakukan analisa terhadap permohonan yang masuk dengan Metode 5C + 3R.

5C adalah singkatan dari Character (moral), Collateral (agunan tambahan), Capital (modal sendiri semangat kerja/berusaha), Capacity (kemampuan membayar), Condition (produktivitas). Sedangkan 3R singkatan dari Return (hasil yang akan diperoleh), Repayment  (kemampuan membayar) dan Risk (resiko).

5C+3R adalah pedoman yang dipegang oleh bank dan lembaga keuangan lainnya sebagai penerapan dari prinsip kehati-hatian (prudent) sebelum menyetujui permohonan kredit atau pembiayaan dari calon nasabah.

6 aspek KTA anda ditolak
Selain hal diatas, perlu kita cermati pula alasan kenapa kredit tanpa agunan kita ditolak. Selain persyaratan diatas anda perlu mengetahui agar KTA anda diterima. Berikut ini 6 hal yang bisa menjadikan penolakan Bank KTA anda tidak di ACC. antara lain :

BI Checking
BI checking merupakan daftar nasabah yang pernah bermasalah dalam melunasi pinjaman ke bank atau lembaga finansial seperti leasing dan lain-lain. Bank tempat anda mengajukan KTA akan mengecek BI Checking, sejauh mana keterlibatan anda dalam hal peminjaman sebelumnya apakah bagus atau jelek. Kalau jelek rapor anda di sini poin ini pun pihak bank akan langsung menyimpulkan bahwa anda tidak layak diberi pinjaman KTA dengan kata lain pengajuan KTA anda ditolak. Akan tetapi jika bagus, anda diarahkan pada tahap ke dua yaitu Wawancara

Wawancara
Wawancara biasanya dilakukan oleh bank sekali saja dan biasanya melalui telepon atau handphone. Untuk itu perlu anda ingat dan isi aplikasi sebenar-benarnya karena pihak bank mengcroscek isi aplikasi anda saat wawancara.

Cek utang
Bank tahu riwayat utang kita dari yang udah lunas sampai yang masih tertunggak. Biasanya aplikasi KTA ditolak kalau utang kita melebihi 40 persen dari gaji. Tapi ada juga bank yang matok angka 50 persen dari gaji.

Cek silang data
Setelah kita mengisi formulir data aplikasi KTA, bukan berarti bank manggut-manggut saja melihat isian itu. Analis bank bakal cross check data itu ke pihak ketiga.
Misalnya di formulir klaim gaji Rp 10 juta, tapi pas analis bank telepon ke HRD gaji kita hanya Rp 8 juta. Sementara itu, di surat keterangan penghasilan gaji malah tertulis Rp 7 juta.

Cek kemampuan bayar
Bank gak pernah mau berurusan dengan kredit macet. Karena itu, analisnya dibayar buat mastiin semua kredit yang disalurkan lunas. Makanya kemampuan finansial kita bakal ditelisik.
Kalau status kepegawaian masih kontrak atau outsource, peluang aplikasi KTA ditolak lebih besar. Soalnya posisi kita dianggap rawan lantaran bisa saja kontrak gak diperpanjang sehingga keran gaji mampet dan kredit macet.
Jika kita punya usaha, bakal dilongok-longok juga itu laporan keuangan. Kalau laporan rapi dan prospek usaha dianggap bagus, selamat! Aplikasi KTA berpeluang besar disetujui.

Rekomendasi pihak ketiga
Meski skor BI peringkat 1, wawancara lancar, dan data valid, gak lantas membuat aplikasi KTA kita diterima. Sebab bank masih punya cara lain buat mengecek kebenaran data kita.
Bank bisa saja telepon ke orang-orang di sekitar kita, misalnya atasan atau HRD di kantor, buat nanyain riwayat utang. Kalau kita rajin melunasi tagihan kartu kredit, tapi ternyata uangnya dari kas bon kantor, bank bakal geleng-geleng.

Persetujuan KTA sepintas memang rumit, tapi kalau kita merasa sudah memenuhi semua syarat, genjot terus saja. Tapi tentu kita harus tahu dulu seluk-beluk KTA sebelum masukin aplikasi.

1 Response to "Cari Tahu Pengajuan KTA di tolak"

  1. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN DARI PINJAMAN:
    Saudara-saudara saya dan adik itu adalah Allah yang benar telah mengirimkan pembantu di sini di Indonesia, saya pikir itu adalah perusahaan pinjaman palsu yang lain aku salah. Anugerah Financial Group sini di Jakarta Indonesia mereka melakukan segala sesuatu dengan BNI Aku baru saja pinjaman saya di akun saya hari ini, jangan tertipu lagi Allah telah datang kepada kami di sini di Indonesia mereka bekerja dengan BNI di sini. Hubungi mereka sekarang sehingga Anda dapat melihat apa yang saya memberitahu Anda: info.gracefinancialgroup@gmail.com atau hubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan salfiahcholid@gmail.com jangan tertipu lagi sebagai Tuhan ada di sini untuk membantu kami di Jakarta Indonesia

    Mereka memberi saya pinjaman pada tingkat bunga 2% tanpa agunan
    Hubungi mereka sekarang: info.gracefinancialgroup@gmail.com

    ReplyDelete